Sebelumnya, materi ini pernah aku sampaikan di #YOTAsk bersama Young On Top Yogyakarta di linimasa Twitter karena (alhamdlh) menjadi Young On Top Yogyakarta of the month (November) 2013. #YOTAsk sendiri adalah semacam interview langsung dengan menggunakan media sosial (twitter). Disini aku menjelaskan bagaimana mengatur waktu ala seorang Reen, menjadi sibuk yang produktif dan bagaimana untuk do extra mile. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi.

Jika ditanya soal time management sebenarnya aku pribadi tidak ada masalah mengenai bagaimana mengatur jadwal dan mengaturnya sedemikian rupa agar mempergunakan waktu dengan seefektif dan seefisien mungkin. Karena disini waktu adalah segalanya. Aku secara pribadi mengatur waktunya dengan menggunakan metode yang ku beri nama “Smart thinking means smart working“, yang berarti ketika kita memikirkan suatu pekerjaan atau times to do dengan baik lalu menyusunnya dengan cermat maka pekerjaan kita akan terjadwal dengan rapi, sehingga urutan pekerjaan dapat kita ketahui dengan baik. Caranya buat skala prioritas, dahulukan mana pekerjaan yang paling penting dan yang paling tidak dapat ditunda diikuti dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya, lalu pikirkan cara atau strategi untuk membuat tugas atau pekerjaan tersebut terselesaikan dengan baik, mudah, cepat dan seefisien mungkin. Dengan tahu skala prioritas mana yang paling tinggi, akan tahu apa yang akan dikerjakan terlebih dahulu dan pekerjaan yang lain bisa dijadwalkan. Aku pribadi selalu bawa notes atau buku catatan kecil dan sedia aplikasi notes di smartphone. Jangan ragu untuk membukukan setiap ide, gagasan, hal baru, atau apapun itu di notes kita, lalu teliti dengan seksama.

Terdapat istilah “Aktif membuat sibuk”, menurut aku ya mungkin itu benar adanya, cuman yang membedakan adalah sibuk yang produktif atau hanya sibuk saja?? Nah disini aku punya definisi sendiri mengenai apa itu sibuk dan produktif. Sibuk adalah hanya menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang memang (mungkin) sudah menjadi kewajibannya. Sedangkan Produktif adalah menggunakan waktu dengan sebaik mungkin untuk melakukan pekerjaan dan menghasilkan suatu pencapaian yang luar biasa. Bisa dilihat sibuk = menghabiskan dan produktif = menghasilkan. Cara ku untuk menjadi aktif namun tidak hanya sibuk dan menjadi produktif serta berkontribusi adalah dengan bekerja secara lebih efektif dan efisien, tanpa terlalu membebani diri sendiri. Kembali lagi ke manegemen waktu tadi, kita mau memilih yang hanya menjadi “orang yang sibuk” atau “orang yang produktif” saja. Menurutku hal ini ada hubungannya dengan hal yang kita sukai atau memiliki passion pada bidang tertentu, karena ketika kita melakukan hal yang digemari atau disukai pada pekerjaan tersebut, segala hal akan terasa lebih mudah dan lebih menyenangkan.

Selanjutnya adalah do extra mile, sebenarnya apapun yang sedang kita kerjakan atau lakukan, haruslah semaksimal mungkin dengan mengerahkan semua tenaga dan pikiran yang kita punya, itulah kerja keras. Dengan kerja keras itulah, jika menghasilkan hasil yang sangat “top” atau luar biasa diluar yang kita harapkan dan bisa membuat kita semakin menuju puncak (karir) berarti itulah definisi “extra mile“. Hal itu pun sebenernya menjadi bonus yang manis dari hasil kerja keras kita selama ini.

Mengatur waktu sudah, tentang sibuk produktif sudah dan extra mile pun juga sudah, naah sekarang saatnya untuk mengambil langkah. Selagi masih muda, harus memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan produktif untuk mencapai hasil yang luar biasa dan extra mile juga tentunya.

See You On TOP, Young On TOP!!

Advertisements