Dunia pendidikan menurut saya merupakan dunia yang sangat menarik untuk dipelajari, karena pendidikan merupakan dasar dari segala tingkah laku individu dan pembentuk karakter individu dalam aspek kehidupannya. Proses merupakan kunci utama pendidikan yang nantinya menghasilkan suatu ilmu. Ilmu didapatkan tidak hanya dari pendidikan formal seperti mengenyam bangku sekolah ataupun perkuliahan, melainkan ilmu bisa didapatkan dari segala aspek kehidupan yang ada.

Benar adanya pepatah yang mengatakan “Guru yang paling Besar adalah Pengalaman”. Karena dari pengalamanlah kita dapat memetik pelajaran secara langsung, yang nantinya mendekatkan individu ketingkat yang lebih baik. Dalam artikel ini, saya akan memfokuskan kepada tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), karena menurut saya disinilah karakter dan kepribadian seorang anak akan dibentuk dan pengaruh guru SD sangat besar dari pada tingkat sekolah SMP maupun SMA. Disinilah pelatihan IQ, EQ dan SQ sangat penting untuk ditanamkan pada proses pembelajaran pada dunia pendidikan. Terlebih lagi, pendidikan di Indonesia yang mengenalkan para pelaku pendidik untuk sekedar mengejar nilai yang bagus tanpa disertai ilmu yang seharusnya anak-anak pelajari. Padahal tanpa diperkenalkan bahwa ilmu yang kita dapat dan pelajari itu dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata nantinya.  Lalu apa sebenarnya itu IQ, EQ dan SQ ??

  • IQ (Intelligence Quotients) atau kecerdasan akal manusia:

Merupakan suatu kemampuan atau ilmu yang sudah ada dalam diri manusia sejak ia lahir, sehingga bersifat absolute karena dapat dikembangkan dengan maksimal dari proses belajar. Contohnya adalah dalam menganalisa suatu permasalahan lalu memecahkan permasalahan tersebut dengan suatu ide-ide dan gagasan-gagasannya.

  • EQ (Emotional Quotients) atau kecerdasan emosi manusia:

Merupakan suatu kemampuan untuk mengolah berbagai perasaan atau emosi manusia, seperti pengendalian diri ketika merasa sedih, marah, berempati, semangat, bahagia dll. EQ disini sering dikaitkan dengan kehidupan untuk bersosial dan untuk menumbuhkan hubungan interpersonal dengan orang lain. Contohnya adalah untuk mendapatkan teman disekolahnya, dia harus dapat menjadi dirinya sendiri dengan pengendalian emosi yang sesuai agar dapat diterima dilingkungan sekolahnya.

  • SQ (Spiritual Quotients) atau kecerdasan spiritual manusia:

Merupakan suatu kemampuan yang berhubungan dengan suatu kepercayaan yang dia anut untuk membangun dan membentuk jiwa manusia untuk menjadi manusia yang lebih baik. Kecerdasan spiritual ini berasal dari hati dan dapat didapatkannya dengan cara beribadah sehingga ketenangan jiwa serta pegangan hidupnya ada pada Tuhan.

Setelah IQ, EQ dan SQ terdefinisikan mari kita kerucutkan topik permasalahan. Tidak dapat dipungkiri sebenarnya IQ, EQ dan SQ sangat berkesinambungan dan sangat penting untuk diaplikasikan disetiap kehidupan manusia, hal ini dimulai dari pendidikan dasar diluar dari orang tua, yaitu pendidikan pertama pada tingkat sekolah dasar (SD). Jadi, bagaimana caranya para pendidik atau guru mendidik murid agar dapat membuat murid paham pada pelajaran dan mengetahui cara aplikasi secara real terhadap apa yang dipelajari, untuk itu maka para pendidik pada pendidikan sekolah dasar murid harus dibekali pelatihan IQ yaitu untuk proses penalaran dan pemecahan masalah, EQ yaitu untuk persiapan menghadapi sesama manusia dan hubungan sesama manusia agar siap menjadi pemimpin yang baik dan delegator yang mengagumkan, dan SQ yaitu untuk persiapan mental agar tidak mudah menyerah menghadapi masalah dengan pemikiran yang jernih.

Penulis:

Rinda Hadiana
Nb:

Keperluan untuk kompetisi essay

Advertisements